To mbak Christine

Saya mau sharing aja, kemaren waktu saya hamil sejak periksa pertama yaitu
kira2 usia kandunganku baru berumur 6 minggu sama DSOGku dibilangin kalo
plasentanya dibawah (plasenta previa) dan posisinya nutupin jalan lahir, trus
sama DSOGku dipesenin jangan banyak melakukan pekerjaan berat dan jangan sampe
perut kencang (kontraksi)
Karena kondisi plasenta dibawah itu sangat rawan, seperti yg mbak alami,kalo
sedikit capek aja bisa timbul flek.
Dulu DSOGku bilang kalo terjadi flek harus segera ke RS untuk ngecek kondisi
bayinya karena emang rawan banget untuk keguguran. Bahkan kata dokternya kita
nggak boleh nyampur dulu ama suami, karena efek sperma bisa membikin kontraksi.
Dan juga kehamilan dengan plasenta previa posisi bayi tidak bisa keposisinya
karena kahalangan plasenta jadi dia muter terus, waktu itu usia kehamilan saya
udah 7bl tapi bayi saya masih nyungsang, sampe mau lahir juga posisi kepalanya
juga miring.
Tapi sich ada sebagian kehamilan yg semakin tambah umur plasentanya numbuh dan
bisa bergerak naik sehingga tidak lagi menutupi jalan lahir, dalam hal ini
kelahiran normal bisa dilakukan.
Tapi seperti dalam kasus saya, waktu itu plasenta cuma bergeser sedikit
sehingga kepala bayi tidak bisa masuk jalan lahir, udah di terapi juga ama
dokternya tapi tetep nggak bisa, maka akhirnya cesar juga

Maaf kepanjangan
Moga membantu ya
Mamanya Zhafif