Tidak ada yang bisa menjamin masa depan dari sebuah perusahaan, Cuma
memang ada indikator-indikator tertentu yang bisa dipakai sebagai
evaluasi seperti Risk Based Capital > 140% ?? atau seperti Bank itu CAR
minimal 4 %??. (Saya lupa sekarang katanya naik 8 % yah, udah nggak
ngikutin lagi sih)

Yang agak menyebalkan bagi saya, hampir semua agen asuransi itu selalu
bercerita kalo nanti di masa datang, bapak akan mendapat sekian-sekian,
apalagi performance tahun sebelumnya sekian, tapi malah jarang agen yang
mau sedikit ribet dengan aturan-aturan tambahan kalo ada special case
dari perusahaannya yang justru penting pada masa mau mengajukan
asuransi.

Saya punya asuransi unit link di perusahaan yang tahun 2003 terlihat
performancenya no.1 di Indonesia [pernah punya daftarnya, sayangnya
hardcopy dan nggak tahu sekarang dimana...:-( ] , tapi ternyata agennya
masih belum mengerti kalo beberapa questionair selain form biasa untuk
yang bekerja di oil & gas atau yang bekerja di tempat yang memiliki
faktor resiko lebih tinggi itu harus diisi karena menyangkut klaim
dikemudian hari. Malah beliau menganjurkan untuk tidak diisi saja, nanti
saya repot dalam mengajukan permohonan polis asuransi. Karena saya tetap
mau isi, jadinya muncul 2 form lagi yang harus diisi sehingga menambah
waktu dari penerbitan polis, padahal saya sudah bayar premi awal. Saya
sebenarnya tidak keberatan dan justru senang ternyata kalo saja saya
tidak isi, malah mungkin saya kesulitan dalam klain di kemudian hari,
saya berminat ngambil polis di perusahaan ini karena RBC dan reputasinya
memang bagus saat itu. Anyway tetap saja tidak ada yang tahu apakah
perusahaan ini akan tetap bagus dikemudian hari,walaupun saya juga tahu
asuransi tersebut juga diasuransikan kalo bangkrut ke Deutsch Bank.
Solusi saya sih, Diversifikasi lah, ke tabungan pendidikan dan unit link
di perusahaan yang lain.., biar sedikit-sedikit tapi relatif lebih
secure (Jadi kayak reksadana aja) tentu saja dengan profit yang lebih
rendah.. (no pain, no gain)

-azy-

BTW. Sebagai info ING-Aetna waktu itu no.24 di peringkat performance
2003. nggak apa-apakan nulis nama perusahaan soalnya ING-Aetna-nya juga
udah diakuisisi. hehehe