Boleh ikutan nimbrung ya...

Dear mbak melisa..and moms and dads...

Anak saya hari minggu yang lalu mulai sering BAB. Kalo habis makan BABnya
berampas tapi lembek, tapi kalo ga abis makan encer berlendir dengan tapi
mungkin antara air dan ampas 50% - 50% lah. Malemya saya bawa ke dsa.
Dikasih kaopectat dan AB thyamicin.

Awalnya AB tdk saya berikan, tapi BAB anak saya tetap lembek (biasanya
BABnya berbentuk dan bisa dicomot) dan minimal 3x BAB/hari (biasanya 1x).
Akhirnya setelah 3hari cuma diobati kaopectate tp ttp spt itu, AB saya
berikan malam hari ke 3, hari ke empat BABnya cuma sekali tapi masih lembek
(kata yang momong). Hari ini juga cuma sekali. Apa mungkin ini disebabkan
oleh bakteri juga ya??

ini hari kedua konsumsi AB(mudah2an benar2 diberikan oleh yg momong),
mungkin habis hari minggu besok.

OIA mbak, waktu mau kasih AB itu sempet obat yang sdh saya tuang tumpah,
akhirnya saya harus nuang lagi, dan anak saya muntah jd saya juga harus
memberikan lagi. apakah itu mengurangi dosis yang harusnya dikonsumsi. FYI,
total AB ada 60 ml. Minimal harus konsumsi berapa ml ya biar bakterinya ga
resisten?? (labelnya sih bertuliskan harus habis)
Trus ada pertanyaan satu lagi, di labelnya Thyamicin hanya boleh dipakai
selama 7 hari (dari dibuka kemasan karena peracikan ????), nah 7 harinya
hari minggu. Kalo pas hari minggu belum habis gimana? Apa bisa menyebabkan
bakteri resisten??

Maaf ya kepanjangan dan terlalu banyak nanya (maklum belum pengalaman, anak
pertama)... Tapi mohon sharingnya ya..

Thanx in advance

melisa <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Mbak Gita

Fungsi Antibiotik itu untuk membunuh bakteri. Bedakan dg virus ya Mbak,
virus tidak mempan terhadap AB. Benar sekali kalau minum AB harus sesuai
dosis dan waktu yg diberikan, kalau tidak bisa mengakibatkan resistensi
bakteri.

Sedangkan batuk, pilek dan diare yang disebabkan oleh virus jelas tidak bisa
diobati dg AB. Bahkan ada AB yang malah dapat menyebabkan diare.

Diare bisa saja disebabkan oleh bakteri, gejalanya antara lain, facesnya ada
darah. Dan perlu tes lab untuk mengetahui lebih lanjut.

Diare pada anak2 lebih sering disebabkan oleh virus. Jadi bakteri apa yg
akan dibunuh oleh AB kalau bukan bakteri baik yang dibutuhkan oleh tubuh.
Jadi,...enggak ada keharusan pemberian AB dari awalnya, oleh karena itu
segera stop saja ABnya.

Melisa