heheheeh.. pak yandi...
kan udah ada juga sanggahan thimerosal tidak berhubungan dengan autis..
dulu thimerosal itu kan dikaitkan dengan mmr dan hib..
vaksin tanpa thimerosal sekarang juga sudah diproduksi kok.. bahkan di
indonesia sendiri.. nah, vaksin2 tersebut dibuat bukan untuk membenarkan
pernyataan thimerosal vs autis.. tapi lebih supaya tidak lagi banyak
orang yang tidak mau vaksin anaknya karena gosip.. :)

m,engenai thimerosal, sebetulnya yang terkandung di thimerosal itu
sendiri adalah etil merkuri yang sangat aman untuk tubuh.. yang ngga
aman itu metil merkuri pak.. nah ada kesalah kaprahan kalo sesama
merkuri itu merusak tubuh.. :))
metil merkuri itu juga sekarang banyak dikandung oleh ikan2 di perairan
jakarta lho...
mmm.. mana dong yang lebih bahaya makan ikan laut jakarta sama di vaksin?

coba deh ubek2 di http://www.who.int atau di http://www.cdc.gov..
keywordnya thimerosal and autism... anyway dibawah ini juga ada kok
pernyataannya..

To reach its conclusions about the possible links between thimerosal and
the MMR vaccine and autism, the committee reviewed a large amount of
literature on this topic - more than 215 references are cited in the
2004 report. The committee members based their conclusions on the whole
body of the evidence, including toxicology studies, not just four
epidemiological studies. The committee included several experts in
epidemiology, pediatrics, clinical medicine, statistics, and other
relevant fields who reviewed and discussed in detail the strengths and
weaknesses of the epidemiological, clinical, and biological evidence
pertaining to thimerosal and autism. Their detailed analysis of these
strengths and weaknesses is included in their report, which is a public
document available to anyone who wishes to read it. Mr. Kennedy did not
offer a detailed analysis of why he views four of the studies reviewed
by the committee as flawed.

yang bisa disimpulkan bahwa dari ratusan penelitian dan studi kasus,
terdapat bukti detil dan fakta mengenai dasar kenapa fda dan who
menyatakan kalo thimerosal dan autis ngga terkait... karena pernyataan
si kennedy kan bertolak belakang sama pernyataan mereka.

artikel penarikan pernyataan mengenai mmr (karena vaksin ini yang
dihebohkan mengandung thimerosal penyebab autis itu) ada disini

http://www.kidshealth.org/PageManager.jsp?dn=KidsHealth&lic=1&ps=107&;

reyna