To: Bpk / Ibu Moderator tolong diposting ya curhatanku ini.........(soale
ga pernah msk ke inbox tiap posting kemilist cuma liat reply-an dr
rekan2)....

Dear Smart Parents,

Aku lagi pgn curhat nih, tentang etika bersopan santun, moral dan
kepedulian terhadap sesama kita........yang ada kaitannya dengan kita para
ortu yg punya hak & kewajiban mutlak utk mendidik & membesarkan anak2 kita
dan membekali mereka dgn hal2 yang baik.

Saya dibesarkan dlm keluarga jawa dan dari kls 1-4 SD saya tinggal dgn mbah
saya didaerah lamongan-jatim..........utk urusan toto kromo dah pasti mbah
saya strict ndidik saya. salah dalam bertingkah laku & bertutur kata pasti
langsung ditegor.........walaupun saat itu saya blm begitu ngerti & ngeh
ttg toto kromo.......

Saat ini saya besar dan tinggal di Jkt yg notabene penuh dgn org2 yg cuek,
masa bodo, emang gue pikirin dll..........sedih bgt ngeliat kelakuan
mereka2 ini, terutama saat saya hamil besar dan plg pergi kerja pake bus
umum dan berdiri serta berdesakan dipintu bus...........(jgn blg pake taksi
ya??? krn bisa abis gaji saya hanya utk transportasi taxi
he3333333)..........Nah disinilah hati nurani kita sbg manusia
diuji......dalam menjalani kehamilan selama 9 bln ga ada masalah dan saya
termasuk org yg "ngebo" kalo hamillll.........bahkan hamil besarpun saya
msh sanggup bergelantungan dibus yg padat sesak........cuma........saat
saya melihat sekitar saya, kok jd saya yg malu krn tiap pandangan mata
penumpang yg duduk seolah2 menatap "kasihan" pd saya!! dari bapak2 yg cuek
aja, pura2 ga liat, pura2 tidur dll..........

Parents tau??? malah yg ngasih saya tumpangan tmp duduk adalah para gadis
remaja yg msh kuliah, bapak2 yg sdh sepuh usianya yg saya sendiri jg
kasihan/ga tega kalo mbiarin mereka berdiri...........sementara mas2 yg
pake baju necis & rambut klimis pura2 main hp, pura2 ga liat dan cuek aja
ngeliat saya yg hamil besar berusaha menyeimbangkan badan spy ga terlalu
tergoncang keras seiring lajunya bus yg sesak........

Sampe batin saya bertekad jika saya dikaruniai anak dan punya kesempatan
utk mendidik mereka, jgn biarkan mereka jd manusia yg cuek.........dan masa
bodo dgn lingkungan sekitar....

Saya sangat senang dgn artikel dari I Gede Prama yg byk menekankan "hal2
kecil" tapi sangat bermanfaat utk manusia disekitar kita.........

mematikan kran yg mengucur, dlm lift menunggu org didlm dulu keluar baru
kita masuk, memberi tumpangan kpd kakek/nenek/org hamil/ibu yg gendong
anak/, budaya antri, mematuhi peraturan lalu lintas (tdk parkir
ditrotoar/nyerobot lampu lalin/menghormati pejalan kaki dll), memberi uang
ke pengemis dilempar dan masih banyak lagi bentuk2 ketidakpedulian thd
sesama kita yang sama derajatnya dihadapan Tuhan yang Maha Kasih..........
Sebenarnya simple yg harus kita lakukan utk bisa hidup tertib dan berbudaya
yg bisa kita mulai dari diri sendiri dan saat ini saatnya utk MENDIDIK
anak2 kita yg merupakan generasi penerus bangsa utk membudayakan hal2 yang
baik dan berbudi pekerti.........

Spt kemarin ada yg posting ttg sekolah SD di Jepang, yg lbh menekankan pada
sopan santun, budi pekerti dan budaya tertib daripada pelajaran berhitung,
membaca dll. Krn kualitas manusia bukan ditentukan dari IQ/ kepinteran
intelektualnya tapi lebih ditentukan oleh EQ/ kepinteran mengatur
emosinya...

Saya salut dgn penerapan pendidikan SD yg ada dijepang tsb, dan di
Indonesia pun saya kira hal2 tsb bkn hal baru utk kita..........namun
memang mulai pudar..terutama dikota2 besar........
Mari para Smart Parentsssss....kita mulai dari diri kita sendiri ya?? utk
mendidik & memberi bekal yg cukup utk generasi kita dlm bertingkah laku,
bertutur kata dan bersopan santun...........

Maaf kepanjangan & kalo ada yg tidak berkenan...........
Kalo ada yg mau komentar tolong via japri saja..........

Regards,
Fira yglagiprihatindgnkeadaanbangsaini..............