Tentang anak yang pemalu, mungkin sebenarnya bukan sifat asli anak
tersebut.

Kadang mood juga sangat berpengaruh.  Biasanya anak saya kalau tidur
siangnya terganggu atau mau tidur tidak bisa karena terlalu ramai, bisa
membuat anak saya menjadi uring-uringan dan selalu mau dekat atau
digendong saya atau papanya.  Padahal anak saya termasuk anak yang
berani dan mandiri.

Jadi kalau menurut saya, biarkan anak itu menikmati sekelilingnya tanpa
harus dipaksa untuk tersenyum, menyapa orang lain atau menyuruhnya jalan
sendiri, karena akan menyebabkan si anak tambah uring-uringan.

Biasanya kalau dia sudah selesai melihat lihat keadaan, barulah dia
mulai nyaman untuk berbuat seperti biasanya.