> Mohon bantuan
> saya punya bayi laki laki usia 2 bulan, sedang lucu-lucunya kebetulan
saya
> masih tinggal dengan mertua.. karena ia cucu pertama, ya jadinya suka
> digendong sama mertua kalo mau tidur, kalo tidak dia pasti nangis.. kdang

-----------
Apa tidak lebih baik supaya tidak sering sering digendong? Gendongan ortu
sangat enak dan hangat bagi bayi, jika sudah biasa digendong dan kemudian
ngga digendong lagi, bayi merasa dingin dan "tidak aman". Jadi dia
menangis. Kayaknya sekarang sih harus tegain hati, biarin aja dia nangis
asal sudah kenyang, dan tidak ngompol. Nanti dia cape sendiri. Tapi sekali
lagi harus tega dan ini agak sulit karena anda ada mertua...... Pilih mana:
cape ngegendong dan ngga bisa istirahat atau tegain hati 2-3 hari tapi
untuk selanjutnya bisa tidur nyenyak. Anda bisa lihat bahwa bayi bule ngga
pernah rewel tidur karena sejak kecil tidak biasa digendong (tidak
memungkinkan: tidak ada pembantu/bibi/ adik/kakak/mertua yang membantu),
paling pake kereta ayun/dorong aja.

Sekian....semoga berguna.

Lily