Anak saya sekarang berumur 20 bulan, dan kami mulai membiasakan dia untuk
tidur tanpa digendong, memang pada awalnya (1-2 bulan) dia sering rewel,
bahkan tidur bisa diatas jam 01.00 WIB, dan kalau nangis bisa lama sekali 1
jam nangis, tidur sebentar, bangun dan nangis lagi). Lalu pada suatu hari
karena harus ikut rapat, maka istri saya menjaga si baby sendirian, dan
ternyata kembali nangis, pas waktu saya pulang, langsung si baby saya
gendong. Eh... dia langsung diam dan tidur dengan nyenyak sampai pagi. Lalu
saya menanyakan kepada istri saya, apakah selama dia menggendong ada merasa
kesal, berpikiran yang nggak-nggak (ada makhluk halus yang mengganggu) atau
lainnya yang agak negatif. Dan istri saya mengatakan memang ada, lalu saya
sarankan agar untuk yang akan datang jika ingin menggendong anak, jangan
mempunyai perasaan yang negatif tadi, karena menurut saya si anak memiliki
perasaan yang halus. Terbukti bahwa keesokan harinya si baby dapat tidur
dengan tenang.

Regards
Citra