>Mohon bantuan
>saya punya bayi laki laki usia 2 bulan, sedang lucu-lucunya kebetulan saya
>masih tinggal dengan mertua.. karena ia cucu pertama, ya jadinya suka
>digendong sama mertua kalo mau tidur, kalo tidak dia pasti nangis..

Kalau untuk masalah bayi yang sering digendong, saya pernah baca bahwa pada
bulan-bulan pertama usia bayi , dia memang lebih suka digendong. Karena
lewat dekapan orang itu terutama ibunya, dia mendapatkan kenyamanan dan
kehangatan. karena sebelumnya dia terbiasa mendapatkan itu di dalam rahim
ibunya.

kdang
>kadang kalau malam rewel dan sukar tidur
>sampai usia berapa bayi akan teratur tidurnya..
>adakah cara agar dia tidur teratur ?
>terima kasih..

Pengalaman saya, sampai putri saya berumur sekitar 5 bulan jadwal tidurnya
memang belum teratur. Kadang dia terjaga semaleman, baru tidur paginya. Tapi
setelah usianya 5 bulan dia mulai memiliki jadwal tidur, terutama malam,
yang tetap sampai saat ini, usianya sudah 9 bulan. Dia mulai tidur sekitar
jam 7 - 8 malam. Dan baru bangun pada 4 - 5 pagi. Dan pada usia itu, saya
ajarkan dia untuk tidur sendiri, tanpa digendong, walaupun awalnya dia suka
menangis tapi saya biarkan, dan berhasil. Sekarang kalau dia mengantuk, dia
lebih suka ditaruh di tempat tidur dan akhirnya tertidur sendiri.