From:   MIME :[EMAIL PROTECTED]
Sent:   05 April 1999 16:03
To:     [EMAIL PROTECTED]
Subject:        Re: [balita-anda] Isap Jempol

saya bingung dengan pro-kontra dalam melarang anak isap jempol/jari. . Dulu
anak saya mengisap jempol/jari kalau haus, tetapi sekarang (hampir 4 bulan)
tidak cuma kalau haus. Sering dia kelihatan memperhatikan tangannya sendiri,
digerak-gerakkan terus dimasukkan mulut. Demikian juga kalau dia meraih
sesuatu. Pernah saya baca di ayah bunda, memang ada suatu fase dimana dia
seperti itu.
Kalo tidak salah ingat, di balita anda ini pernah menyarankan untuk sedini
mungkin tidak membiasakan anak mengisap jarinya. Saya melakukan hal yang
sama karena tidak ingin hal tsb menjadi kebiasaan kelak. Tetapi ada pendapat
bahwa anak yang sampai agak besar masih menghisap jari, itu karena tidak
puas semasa kecilnya (karena mengisap itu kebutuhan dia semasa fase
tertentu).
Ada pendapat ? soalnya mumpung anak saya masih kecil, sehingga saya nggak
perlu oles-oles yang pahit kelak,...
terima kasih

<< File: ENVELOPE.TXT >>

 << File: ENVELOPE.TXT >>