Bu....
Saya juga mempunyai anak berumur 14 bln. Sejak umur 4 hari sudah suka
memasukan jarinya. Pertama-tama saya tidak khawatir karena membaca di buku
bahwa itu merupakan salah satu perkembangannya untuk mengenal anggota tubuh.
Hal ini berlangsung terus. Saya agak khawatir dan mengkonsultasikannya
kepada dokter. Kata dokter anak tsb biatkan aja.... nanti ada saatnya
berhenti sendiri. Ya..... saya biarkan saja. Cuman kebersihan tangannya
harus benar-benar dijaga. Jangan sampai mulutnya jamuran atau terinfeksi.

Sekarang.... saya menjadi khawatir karena sudah berumur 14 bulan kebiasaan
tersebut tidak hilang. Terutama ketika mau tidur. Saya sudah pernah
memberikan bubuk pil kina di tangannya dan membalur brotowali sesuai anjuran
dokter tapi tidak berhasil juga.

Kebiasaan tersebut saya gunakan sebagai indikator untuk memberikan susu
ketika dia tidur. Jika dia mengisap jari maka jarinya saya tarik dan diganti
dengan botol susu.

Saya menyarankan kepada ibu.... sebaiknya ibu rajin-rajin melarang anak ibu
jika melakukan hal tersebut. Dan cobalah memberikan brotowali atau bubuk pil
kina. Karena menurut hemat saya.... semakin kecil maka semakin mudah
menghilangkan kebiasaan tersebut.

Jangan sampai seperti anak saya.... susah menghilangkan kebiasaan tersebut.
Sampai-sampai jarinya (dia mengisap dua jari yaitu tengah dan jari manis
sehingga seperti salam metal) pada kapalan.

Semoga berhasil ya Bu.....

Hal ini juga orang tua saya terapkan ketika akan menyapih anaknya dari minum
ASI.

Mohon tanggapan dari netters lainnya. Apa yang harus saya usahakan untuk
masalah anak saya di atas.....