----- Original Message -----
From: Devi Novianti <[EMAIL PROTECTED]>
To: <[EMAIL PROTECTED]>
Sent: Monday, July 26, 1999 6:08 PM
Subject: [balita-anda] isap jempol

Bu Devi,
Kebetulan bayi sayapun waktu usia sekitar itu juga mulai "menemukan" jempol
dan jari2nya u/ dihisap. Mula2 saya kawatir kalau nanti keterusan sampai
besar (krn saya ingat saya sendiri punya kebiasaan jelek ini sampai umur 3
th!). Tapi setelah saya tanya kiri kanan, sampai pada kesimpulan bhw tambah
kita larang anak itu utk isap jempol, makin terobsesi dia utk melakukannya,
makanya saya biarin aja anak saya kadang2 isap, dgn syarat kebersihan tangan
selalu terjaga (atau diganti empeng). Sekarang anak saya sudah usia setahun
lebih, dikasih empeng juga tidak begitu antusias, dan dia juga tidak begitu
sering isap jari2nya lagi. Semoga bisa membantu.

Salam,
Sugi