Dear Pak Elim,
Bayi pertama  yg saya kandung diketahui kembar lewat USG juga pada umur 2
bulan.

Yang saya tahu, kehamilan tiap anak itu beda, jadi kalau pd saat hamil anak
pertama, adik ipar bapak mengalami "morning sickness" selama 7 bulan, belum
tentu di kehamilan ke-2 atau ke-3 mengalami hal yg sama.  Bawaan anak dan
kondisi kesehatan ibu tidak sama lho Pak ...

Kalau dokter bilang kandungan adik bapak agak lemah, sebaiknya harus dijaga
ekstra hati-hati ... sebab kehamilan bayi kembar ... lebih "berat"
dibandingkan kehamilan bayi tunggal.

Pengalaman saya, waktu itu saya mengalami flek/pendarahan di bulan ke-2.
Bed rest selama 1 minggu, setelah itu boleh melakukan kegiatan dengan
aktivitas yg tidak terlalu banyak.
Usia kehamilan 4 bulan, dokter menyarankan agar saya tidak melakukan
hubungan suami-istri  sampai setelah melahirkan karena bayi dapat lahir
lebih awal/prematur.

Bayi kembar umumnya tidak lahir sembilan bulan karena rahim berisi 2 bayi,
sehingga kontraksi lebih sering terjadi, dapat menimbulkan bayi lahir lebih
awal.
Waktu itu bayi saya lahir 8 bulan 2 minggu, dokter mengatakan bahwa
kandungan saya baik karena dapat bertahan sampai 8 bulan lebih.  Bisa
begitu mungkin karena dibantu obat untuk menahan kontraksi, yg saya minum
1, 2 atau bahkan 3 kali sehari  1 tablet.

Yang saya alami kehamilan kembar berat, karena waktu kandungan saya 5
bulan, perut saya besarnya seperti orang yg mengandung bayi tunggal 7
bulan.
Waktu kehamilan saya 7 bulan, seperti orang 9 bulan.
Sebab itu ... saya merasa berat sekali membawa perut saya itu.
Berat badan dari belum hamil sampai saat melahirkan naik 17,5 kg.
Kenaikannya tidak terlalu banyak memang.

Mengenai makan
Kehamilan 1-4 bulan tidak suka makan nasi, akhirnya saya makan apa saja
asal perut tidak kosong ditambah minum susu Prenagen.
Walaupun hamil bayi  kembar, kita tidak perlu makan sebanyak-banyaknya,
yang harus diperhatikan sebetulnya bukan kwantitas tetapi kwalitas makanan.
Tentunya yg banyak dibutuhkan janin adalah makanan dengan gizi yang baik.
Betul-betul yg mengandung 4 sehat 5 sempurna.

Kelihatannya ada baiknya untuk mengurangi kegiatan atau jalan, karena
sering mengakibatkan perut keras/kontraksi.

Demikian pengalaman saya.
Semoga dapat menjadi masukan untuk adik ipar Pak Elim.

Salam,
Renny