Bapak Gunawan dan rekan netters lainnya yth, saya juga pernah baca di
koran bahwa musik dapat meningkatkan IQ anak, sudah dibuktikan secara
ilmiah. Bagi rekan-rekan yang ingin anaknya belajar musik, saya usulkan
pada usia batita dimasukkan kelas KMA di sekolah-sekolah musik resmi
pasti ada, sekedar memberikan pengetahuan dasar mengenai ritme/nada dll.
Pada usia 4-5 tahun, atau pada saat seorang anak sudah mampu
berkonsentrasi melakukan sesuatu tugas/hal selama kurang lebih 30 - 45
menit, anak tsb dapat dileskan piano/alat musik lain. Saya anjurkan
bahwa kita sebagai orang tua dapat lebih selektif memilih orang yang
kita percayakan untuk mengajar anak kita, karena pada tahun-tahun awal,
hal-hal yang diajarkan menyangkut masalah teknik, jika yang mengajar
tidak bagus/ngawur, nanti kasihan anak tsb waktu sudah mencapai jenjang
yang lebih tinggi, pasti akan mengalami kesulitan. Untuk orang tua yang
ingin anaknya belajar Vokal, saya ingin memberikan sedikit input, agar
berhati-hati dalam memilih guru vokal, karena saya tahu banyak orang tua
yang mencari guru vokal anak-anak yang membina artis-artis cilik di TV,
perlu anda semua ketahui, kebanyakan teknik vokal artis-artis cilik kita
itu salah, saya anjurkan kalau mau belajar vokal dengan Bina Vokalia
saja, asuhan Alm.
Pranadjaja atau yang setingkat, jangan cari yang mengumbar komersialitas
saja. Saya pertama kali belajar piano usia 4 tahun, kemudian saya
melanjutkan studi musik di Selandia Baru bagian Piano Performance, dan
setelah itu banyak berkecimpung di dalam bidang musik, dan pernah
mengajar di sekolah-sekolah musik, jadi saya punya banyak masukan dalam
hal ini, jika ada rekan yang ingin tanya lebih lanjut silakan saja.
Untuk rekan-rekan yang ingin anaknya belajar menari, saya anjurkan
sekolah Tarinya ibu Farida Oetoyo, saya rasa kita semua tahu bahwa
anak-anak asuhan ibu Farida sangatlah bermutu.
Singkat kata, Cari pengajar yang terbaik untuk anak-anak kita.
Sekian, semoga bermanfaat.