Nur Agustinus wrote:

> From: robert ginting <[EMAIL PROTECTED]>
>
> Anak saya menurun ibunya, suka sekali makan sayur. Entah, apakah soal selera
> makan ini ada hubungannya dengan faktor turunan atau tidak. Bahkan anak saya
> suka ngrokoti (makan langsung) wortel yang masih mentah. Dia bilang, seperti
> kelinci yang ada di film (dia suka nonton vcd kartun). Ini bisa juga karena
> proses imitasi (mencontoh).
>
> Tapi, kalau mau supaya anak mau makan sayur, ya sediakan saja sayuran untuk
> makan dan sebaiknya tidak ada menu pilihan lagi. Kalau lapar, kan pasti
> makan dengan sendirinya.

> [...]

Memang benar. Ada banyak cara atau variasi untuk seorang anak melakukan
tingkah laku tertentu yg diharapkan.  Pada prinsipnya hal tersebut
memang harus mengacu pada tahap perkembangan anak itu sendiri.  Bagi
anak yg berusia 2 tahun, salah satu aspek perkembangan kognisinya adalah
dalam proses imitasi (mencontoh).  Oleh sebab itu akan lebih tepat bila
anak tsb diajar makan sayur dengan memberi contoh.  Contoh ini dapat
diberikan oleh siapa  saja baik tokoh real maupun non real yg sejauh
tokoh tersebut
        - disenangi oleh anak  atau
        - dapat menimbulkan kesan positif/menyenangkan mengenai obyek
(sayur) tsb.
Nah, berdasarkan pengamatan terhadap anak, orang tua tentunya sudah
mengetahui siapa yg disukai anak dan hal tsb bisa dijadikan alat bantu.

OK deh, sekian dulu tanggapan dari saya.
Semoga membantu.

Salam
L-sa

http://www.mail-archive.com/balita-anda@indoglobal.com/