Kalau pendapat saya  usia 3,5 masih cukup riskan untuk naik pesawat, karena organ
pendengarannya masih belum kuat.
Namun yang terpenting adalah konsultasi ke dokter dahulu. Saya pernah dapat tips saat
membawa anak naik pesawat
- tutup telinga anak dengan kapas bulat (jangan terlalu dalam)
- saat take off atau landing usahakan si anak menyusu (botol/ASI) agar tekanan pada
telinganya berkurang
- sebaiknya anak selalu digendong untuk mengurangi getaran dan membuat anak lebih
tenang dengan lingkungan yang baru
- Kenakan pakaian yang cukup tebal agar anak tidak kedinginan
- Kenakan diapers agar tidak terlalu sering ganti popok (selain tidak praktis, anak
bisa kedinginan)
- Semua keperluan dalam perjalanan dengan pesawat ditaruh dalam satu tempat (pakaian
ganti, diapers, selimut, topi, kaus kaki/tangan) juga botol susu ekstra dalam wadah
kedap udara (biar nggak repot bikin susu dalam pesawat).
Demikian dari saya.

Riefna Azwita Fahmi
Test System Unit/QRS
mailto:[EMAIL PROTECTED]