Pak Hirwandi, Saya pernah juga membawa putra saya (waktu umur 2,5 bulan) dari Jogya ke
Tarakan (dua kali transit di Surabaya dan Balikpapan) dengan menggunakan  pesawat
Fokker 28. memang sebelumnya was-was juga karena yang dikhawatirkan adalah
pendengarannya akibat tekanan udara yang berbeda dengan di darat dan suara mesin
pesawat. Alhamdulillah ternyata tidak terjadi apa-apa.
Dan berdasarkan dokter anak tempat Kami konsultasi, Bayi punya cara untuk melindungi
dirinya apabila ada ketidaknyamanan pada telinganya yaitu dengan cara menangis. Dengan
menangis tekanan udara pada telinganya akan normal dan dengan menangis pula akan
menutup telinganya. Ingat bila kita menguap kitakan agat "bumpet" juga.
Sedangkan beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk melindungi Bayi kita adalah
sebagai berikut :
1. tutup lubang telinganya dengan kapas
2. usahakan   setiap kali pesawat berangkat dan akan mendarat, Bayi kita disusui
(lebih baik dengan susu ibunya)
3. Bila pesawat dalam kondisi diatas, tidak disusui tidak apa-apa.

Demikian pengalaman Saya dan semoga bermanfaat.