Pengalaman saya mirip dengan mbak Yeni.    Setelah anak saya berumur 3 hari
(dia lahir pada saat umur kandungan saya 8 bulan), diketahui billirubinnya
11 sehingga dia dimasukkan ke dalam box bayi yang diberi blue light (matanya
ditutup, tapi kemaluannya tidak, karena anak saya perempuan).  Saya
melahirkan di Jakarta.  Karena saya ingin menghabiskan masa cuti melahirkan
di Bandung, saya konsultasikan hal ini ke dokter anak di RSB tempat saya
melahirkan.  Menurut dokternya tidak apa-apa, karena kadar billirubinnya
sudah menurun ke angka 8.   Batas normalnya 9.  Jadi, pulang dari RSB saya
langsung ke Bandung.

Di Bandung, setiap pagi setelah dimandikan (jam 7) saya jemur anak saya dan
matanya ditutup dengan handuk.   Tapi saya rasa hasilnya kurang maksimal.
Saya malah takut dia akan masuk angin, karena saya tinggal di daerah yang
udaranya memang cukup dingin.   Bahkan saya lihat dia malah tambah kuning,
padahal ASI saya cukup banyak dan anak saya cukup lahap menyusu kepada saya.
Karena itu, baru dua hari tinggal di Bandung, saya langsung bawa lagi ke
dokter anak.    Begitu dicek, billirubinnya sudah naik ke angka 13.....
Masya Allah....

Dokter langsung memutuskan untuk "memasukkan kembali" anak saya ke dalam box
bayi ber"blue light" dan anak saya sempat dirawat di RS.  Setelah 3 hari,
bilirubin nya turun menjadi 8.  Dokter baru memperbolehkan  anak saya pulang
setelah billirubinnya 6.     Alhamdulillah, sekarang anak saya (umurnya 2
thn 9 bln) tumbuh sehat.....

Salam balita,

Dewi