Rekan Netters,

Pada Tabloid Nakita edisi terbaru, halaman 20, membahas Tanya Jawab Dokter ttg
pre-eklampsia.
Tapi pada jawaban dokter, tidak disebutkan bahwa itu adalah keracunan kehamilan,
tetapi penyakit hipertensi dalam kehamilan dan saat ini masih merupakan misteri
dalam dunia kedokteran.

Tanda2 nya adalah tekanan darah meningkat (130/90 mmHg) atau terjadi kenaikan
tekanan darah sistolik 30 mmHg atau kenaikan diastolik 15 mmHg, bengkak (edema)
pada mata kaki dan ada protein dalam urine.  Terdapatnya 2 dari gejala di atas
pada kehamilan 20 minggu sudah dapat dipakai mendiagnosis adanya pre eklampsia.
Bila pre eklampsianya menjadi berat, akan terjadi gangugan pertumbuhan pada
janin (janin menjadi kecil dibanding umur kehamilannya), gangguan penglihatan;
menjadi kabur, sakit kepala hebat, nyeri uluhati disertai muntah2 atau tekanan
darah (160/110 mmhg).

Penyakit ini biasanya menghinggapi wanita yg baru pertama kali hamil, gemuk, ada
riwayat pre-ekalmpsia dalam keluarga atau pernah menderita penyakit tsb
sebelumnya.  Meski begitu, penyebabnya belum dapat diketahui secara pasti.

Demikian ringkasan ttg pre-eklampsia dari Nakita, semoga berguna.

Salam,

Klara