Yth. Pak Damar,

Kelihatannya sudah ada yang menjawab panjang lebar soal keracunan
kehamilan (eklampsia). Saya hanya mau menambahkan saja apa yang saya
ketahui, dan belum ditulis. Biasanya keracunan itu muncul pada
trimester terakhir, namun tidak tertutup kemungkinan juga muncul
sebelumnya. Salah satu pertanda, selain yang sudah disebutkan, adalah
pertambahan berat badan yang cukup banyak. Memang berat badan ibu
hamil meningkat cukup pesat di minggu-minggu terakhir, tetapi
peningkatan yang ini terlalu signifikan, misalnya lebih dari 2kg
seminggu.

Dari buku-buku yang saya baca, salah satu cara mencegah eklampsia ini
adalah dengan bersikap selektif dalam memilih makanan. Pada
minggu-minggu terakhir, ibu hamil sebaiknya tidak makan terlalu
berlebih makan makanan berkalor tinggi. Karena pada saat ini yang
terutama dibutuhkan adalah protein. Juga perbanyak makan buah-buahan
dan sayur-sayuran.

Sekian saja, dan semoga bisa sedikit membantu. Oh ya, saya baru
bergabung dengan milis balita-anda.

Wassalam,
Neila