Mbak Dini,

Sekedar sharing/berbagi info saja, dari buku EQ (Emotion
Quotient) karangan Coleman yang pernah saya baca bahwa
anak yang menangis tidak baik kalo dibiarkan saja karena
nanti akan  mempengaruhi psikologi atau emosi anak.  Anak
menangis berarti ada sesuatu yang tidak nyaman bagi anak
oleh sebab itu perlu sesuatu yang membuat dia nyaman, mungkin
digendong, dipeluk, ditepuk-tepuk pahanya atau sekedar mengelus-
elus punggung belakang anak.  Tapi kalo anak menangis minta susu
dan kita tau bahwa susu tidak baik diberikan pada malam hari
lebih baik kita berikan air putih saja.  Saya kira anak umur
diatas 1 tahun sudah bisa diajak komunikasi dan diberitahu
bahwa minum susu kalo mau tidur itu tidak baik akan merusak
gigi lebih baik air putih saja.   Sebenarnya anak bisa atau
tidak bisa itu tergantung dari kebiasaan dan komunikasi itu
perlu diajarkan ke anak sejak dini.  Kadang-kadang kita suka
under estimate anak, padahal sebenarnya anak bisa diajak
komunikasi tapi tergantung dari CARA penyampaian kita. Di buku
EQ ada tahap-tahap komunikasi dengan anak.  Saya menganjurkan
para netters untuk membeli buku ini, bukan promosi lho tapi
buku ini bagus sekale.... saya lupa harganya berapa, tapi
setahun yang lalu saya beli di Gramedia Hero Gatot Subroto.

Kalo pengalaman saya, sejak anak mulai minum susu formula
kalo tengah malam bangun tidak pernah saya berikan susu,
tapi saya biarkan saja dia main, kecuali kalo dia minta
minum, saya berikan air putih.  Anak saya dari bayi sampai
umur 1 setengah tahun selalu bangun tengah malam selama 1 -
2 jam dan mau nggak mau saya harus menemani dia dong kadang-
kadang gantian dengan suami.  Karena tembok di kamar, saya
tempelkan gambar macam-macam,  jadi kalo anak saya bangun
biasanya dia main atau cerita gambar-gambar yang tembok itu.
Makanya anak saya bisa bangun tengah malam sampe 2 jam karena
dia asyik main, walaupun nanti akan tidur lagi sih...
Memang capek sih.. apalagi saya bekerja juga.. tapi sekarang
jadi enggak report untuk menghentikan susu ditengah malam kan..
Sampe sekarang kalo malam saya berikan susu 1 jam sebelum tidur,
karena saya mencoba mengajar disiplin untuk tidur malam jam 9
walaupun kadang-kadang baru tidur jam 10 atau 11 malam, susu
selalu saya berikan jam 1/2 8 atau jam 8 malam.   Begicuuuu....

Mudah-mudahan info ini bisa berguna bagi para netters semua,
berhubung namanya info jadi terserah para netters bisa diterima
atau tidak..... kalo tidak bisa diterima ya udah tidak usah
digembar gemborkan, tapi kalo bisa diterima ya syukur....
Saya cuma mau sharing, boleh kan.........

Salam balita,