Mbak Risa,
kalau sudah tidak asi, berarti kalau malam si kecil minta susu, susu
formula kan....? Abis minum susu, yg seharusnya ya... sikat gigi lagi,
tapi siapa yg mau di tengah malam atau dini hari nyikat gigi bayi??
Gimana kalau sehabis mimik diberi minum air putih? Ya, paling tidak asam
susunya terbawa masuk, ngga' banyak nempel di gigi.
Saya sendiri, nyusuin anak saya sampai dia hampir 20 bulan. Selama itu
tengah malam pun kalau dia terbangun, ya maunya ngempeng. Tapi, saya
selalu sediakan air putih dalam gelasnya (spill proof cup), jadi kalau
habis mimik, ya dikasih air putih.
Alhamdulilah, anak saya sekarang 2 tahun, giginya masih putih bersih
tuh....
Tapi ya di samping itu, at least setiap pagi dan sebelum tidur gosok gigi
biasa juga.
Gitu aja Mbak, semoga bermanfaat!

rgds,
Quinike

O iya, meski gigi susu nantinya bakal lepas dan tumbuh gigi lagi, tapi
kalau gigi susunya sampai gigis, habis, atau busuk (kuning-hijau-hitam),
kena gusi, akan mempengaruhi pertumbuhan gigi berikutnya.