Mama Aliyya,

saya ingin berbagi pengalaman, balita saya waktu itu berumur 4 thn kurang
waktu dia terserang batuk selama 3-4 bulan yang nggak sembuh sembuh walaupun
beberapa kali saya bawa ke DSA langganan, dokter bilang anak saya asmatis.
Akhirnya saya bawa ke DSA lain, setelah periksa darah dan di rontgen, anak
saya di vonis terserang flek diparu parunya. Saya agak shock waktu dokter
bilang anak saya harus diobati selama 6 bulan, tetapi demi kesembuhan saya
jalani juga. Setelah 3 bulan tekun berobat anak saya masih tetap suka batuk
dan demam terutama malam hari, akhirnya saya mencoba pengobatan alternatif
dengan minum ramuan kunyit 3 ibu jari + madu setiap hari, hasilnya agak
lumayan, tetapi pengobatan dokter terus saya lakukan.
Atas saran teman, saya mendatangi seorang DSA yang ahli pulmo (paru) dengan
membawa hasil pemeriksaan darah dan rontgennya. Ternyata DSA ini mengatakan
bahwa anak saya kemungkinan tidak tertular TBC dari orang dewasa (seperti
kasus anak ibu) tetapi di paru parunya banyak lendir. Bercak yang dicurigai
seperti flek di paru parunya ternyata bukan flek tapi irisan penampang
pembuluh darah (!) karena flek di paru paru letaknya sangat spesifik (saya
lupa dibagian atas atau bawah paru paru). DSA itu bilang sebenarnya kalau
setelah 3 bulan rutin berobat anak saya masih sering batuk itu karena anak
saya bukan terkena flek paru tapi dia alergi dingin. Saya sedih sekali waktu
itu rasanya percuma anak saya berobat selama 3 bulan tanpa hasil. Anak saya
disarankan banyak beristirahat walaupun agak sulit karena dia sangat aktif,
tidak mau diam. DSA bilang kalau tertular TBC biasanya anak lesu, tidak
lincah sedang anak saya tidak.
Akhirnya atas ijin dokter saya menghentikan pengobatan yang telah berjalan 3
bulan dan anak saya sembuh setelah diberi obat pengencer dahak (!) dan
dokter menyarankan anak saya rutin berenang 2x seminggu sebagai terapi yang
sangat baik.
Dari pengalaman saya sebaiknya ibu melakukan cross cek kepada DSA lain
sebelum menjalani pengobatan 6 bulan karena TBC menurut dokter sudah sangat
jarang di Indonesia.
Pengobatan alternatif sangat dianjurkan selain murah juga tidak ada efek
samping, seperti kunyit dan madu.

Semoga bermanfaat.