Ibu L. Nadifa,
Saya (dewasa) yang bertelapak kaki datar, jika berdiri lama dalam keadaan tanpa
alas kaki, pakai sendal/sepatu datar atau ber-hak memang tidak kuat lama.
Terutama jika tanpa alas kaki atau pakai sepatu/sendal datar.  Jika jalan jauh
pun juga tidak kuat, cepat sekali terasa capek.  Jika berjalan pakai sepatu
olahraga yang dalamnya mengikuti bentuk kaki tidak terlalu cepat capek.  Dulu
saya berolahraga jogging seminggu 3 kali dan saya memakai sepatu olahraga biasa
yang dalamnya datar, setelah saya selesai jogging ternyata telapak kaki saya
rasanya sakit sekali karena sewaktu jogging memang sudah terasa sakit tapi saya
paksakan terus dan akhirnya saya sulit untuk berjalan bahkan tidak kuat lagi
untuk jalan dan telapak kaki saya pun merah melepuh.  Dan saat itu saya langsung
konsultasi dengan dokter di tempat saya berolahraga.  Kata dokter tersebut
penyebabnya adalah karena telapak kaki saya datar.  Dan tidak kuat untuk
berjalan/berlari lama.  Tapi jika memakai sepatu/sendal yang mengikuti bentuk
kaki normal mungkin akan membantu untuk mengurangi rasa sakit dan tidak terlalu
cepat capek.  Mulai saat itulah saya baru tahu bahwa dulu-dulu kenapa saya tidak
kuat jalan lama ternyata penyebabnya adalah telapak kaki saya datar.

Demikian sekilas cerita saya, semoga bermanfaat.

Sarah.

"eko budi s" <[EMAIL PROTECTED]> on 05/19/99 12:45:18 PM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]