-----Original Message-----
From: Ratna Luwiyanti <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: [balita-anda] sariawan

>tapi timbul     lagi begitu seterusnya.

Sudah dicoba cara tradisional dengan memberi kelapa muda? Jenis kelapa yang
paling efektif utk mengatasi sariawan adalah kelapa obat (jawa: degan
tombo). Warna kulit luarnya hijau, tapi sabut kelapanya yang bagian dalam
warnanya merah muda kalau dikupas. Ukurannya biasanya tidak terlalu besar.
Untuk bayi, pilih yang dagingnya masih muda (jawa: kemlamut). Berdasarkan
pengalaman, jenis kelapa ini sangat efektif mengatasi sariawan &
menyembuhkan panas dalam pada baby.

Biasanya sariawan timbul karena panas dalam. Atau bisa juga karena sakit
panas yang mungkin tidak tuntas (seperti yg terjadi pada anak saya).
Badannya panas karena imunisasi DPT. Dalam dua hari suhunya sudah normal
kembali. Tapi beberapa hari kemudian timbul bercak2 merah pada
langit-langitnya (bakal sariawan). Setelah saya beri "degan tombo", bakal
sariawannya yang di bibir langsung keluar juga. Besoknya sudah sembuh. Saran
saya buat netters, sebaiknya setelah anak sakit panas diberi "degan tombo"
untuk menghindari panas dalam.

Manfaat lainnya, air kelapanya bisa sebagai penawar alergi. Buat netters
yang anaknya alergi telor, dll, silakan dicoba. Tapi pemberiannya jangan
langsung banyak, nanti perutnya kaget bisa mencret.

Kalau Degan Tombo ini sulit didapat, bisa juga diganti dengan kelapa muda
biasa (meskipun khasiatnya tidak seefektif Degan Tombo)

Mungkin susah makannya karena lidahnya sakit. Sebaiknya lidahnya dulu
disembuhkan.
Semoga bermanfaat.

Regards,
Silvy Indriani