Bapak yang penuh perhatian,
                Saya mau bagi pengalama saya sbb:
                Waktu anak kami memasukkan jarinya ke mulutnya
                Kami mengantisipasi dengan memberi dia dot bayi yang lunak
dan gepeng
                Namun kami tidak membiasakannya juga. Kadang-kadang,
tangannya kami pakaikan
                Sarung tangannya.  Kalau sampai dia memasukkan tangannya,
minimal bukan
                Jarinya, tetapi sarung tangannya yang mana sudah bersih dan
sering diganti.
                Tangan bayi kemungkinan banyak mengandung kuman, apalagi
jika kukunya
                Panjang-panjang.

                Ada yang berpendapat kalau diberi dot bayi akan susah
dilepas, tetapi
                Anak kami lepas begitu saja setelah kebiasaannya menghisap
jempolnya hilang.
                Hal yang tidak baik yang pernah saya lihat/dengar ttg anak
yang suka menghisap jarinya :
*       Anak menjadi terbiasa menghisap jempolnya sampai besar, ini saya
lihat pada anak teman saya yang sudah berumur 4 tahun, tapi masih menghisap
jempolnya.
*       Berat badan anak kurang, karena saluran pencernaannya tercemar oleh
bakteri yang masuk melalui jarinya-jarinya yang sangat mungkin tidak bersih,
ini saya dengar dari teman saya yang anaknya sudah umur 1 tahun lebih tapi
beratnya hanya 8 kg

                Yang penting perhatikan kebersihan anak, tempat tidur,
barang-barang yang dipakai, dan orang-orang yang berhubungan dengan si anak.