Pak Andi Yth,

Sejak usia kehamilan 7 bulan saya juga ikut senam hamil dan terus terang
saya sangat merasakan manfaatnya, mulai sejak bulan-bulan terakhir (karena
diajarkan metode relaksasi untuk membantu punggung dalam menanggung beban
kandungan yang semakin berat), saat persalinan, maupun pasca persalinan.

Waktu itu saya ikut senam hamil di klinik di mana saya melahirkan (kontrol
dokter saya lakukan di tempat praktek dokternya, bukan di klinik tsb.),
yaitu di RSB YPK, Jl. Gereja Theresia No. 22, Jakarta Pusat. Telp. 3909725.
Jadwal senam di situ adalah Senin & Jumat, ada 2 pilihan, jam 16.00-17.00
atau jam 17.00-18.00

Seandainya klinik tempat istri Bapak akan melahirkan kelak memiliki kelas
senam hamil, menurut saya ada baiknya senam tsb istri Bapak ikuti di situ,
karena mungkin bisa sekalian "pengenalan" terhadap atmosfer dan sikon di
medan perjuangannya kelak. Tapi klinik tsb. tidak mengadakan, bisa juga
mengikuti senam hamil di tempat terdekat dari tempat tinggal atau kantor
istri Bapak (seandainya beliau bekerja). Setahu saya, RS Pondok Indah, RSB
Asih (kebayoran Baru), RSAB Harapan Kita & RSB Bunda mengadakan senam hamil,
dan tentunya masih banyak tempat lain yang juga mengadakan senam hamil.

Semoga perjalanan kehamilan istri Bapak di trimester terakhir ini lancar dan
selamat sampai saat persalinan.. menghasilkan bayi yang sehat lahir &
batin..Amiin!

Hanni S. Armansyah