bapak Iman,

saya akan coba sharing mengenai pertanyaan ini.. kebetulan anak saya sewaktu
umur satu bulan juga mengalami hal yang sama.. dia pilek dan batuk.. trus
kalo bernafas, sampai dalam sekali.. hingga terdapat lekukan yang dalam
antara perut dan paru-2nya dan perutnya jadi membuncit.. saya bawa ke DSA..
beliau menganjurkan supaya diberi obat (seperti diberi oksigen dengan
masker) untuk membantu mengeluarkan yang tersumbat pada paru-2nya..
pertamanya mungkin kita tidak tega (hingga kita juga bisa ikut-2 an
menangis)  melihat anak kita menangis sampai menjerit-2 dan terbatuk-2..
(biasanya anak saya nggak bisa nangis lho dan kalopun dia menangis tidak
sampai mengeluarkan airmata)...
tapi itulah gunanya alat tsb, semakin anak kita terbatuk-2, susternya
menepuk-2 punggung si anak, semakin bekerja alatnya..
setelah diperiksa lagi, memang anak saya bernafasnya ringan dan malamnya
bisa tidur dengan enak tanpa susah bernafas dan tidak berbunyi ngik..ngok..
lagi..

DSA tsb menganjurkan supaya saya menghentikan pemakaian bedak pada bayi saya
dan mengusahakan sesedikit mungkin bersentuhan dengan debu.. (gunakan kasur
dan bantal busa, jangan kapuk.. tidak usah menggunakan karpet, dsb..dsb..)

semoga bermanfaat..