Dear Bapak Iman,

Keadaan yang bapak ceritakan, sama dengan keadaan yang pernah saya alami. Dan
solusinya adalah sbb:

1. Lidah yang putih oleh DSA saya diberi obat kandidastin, dan dalam 3 hari
mulutnya sudah bersih. Jika sudah bersih pemakaian obet dapat dihentikan.
Tetapi, keponakan saya tidak cocok dengan obat itu, sehingga diare dan
dihentiakn pemakaian obatnya. Sebaiknya bapak coba dulu, bila tidak ada efek
BBA, maka dapat diteruskan.

2. Mengenai hernia, oleh DSA saya disarankan untuk mencari ikat pinggang merk
Chico untuk hernia, bentuknya panjang dan ada bulatan di tengah u/ menekan
pusar. Sangat sulit u/ mendapatkan ikat pinggang itu, di Sogo, PS, dan PI tidak
ada, saya mendapatkannya di Mall Taman Anggrek, bukan di counter chico-nya (di
counter chico sudah habis) tetapi di Galeria.
Sekarang anak saya pusarnya sudah normal, setelah ditekan selama 2 bulan,
tetapi dilepas pada saat mandi, dibersihkan, dibedaki dan dikeringkan baru
dipakaikan kembali. Menurut DSA saya jika ditekan dengan koin dapat
mengakibatkan infeksi. Sebaiknya bapak sesegera mungkin memakaikan ikat
pinggang ini, karena kalau sudah terlalu besar nanti terlambat, dan harus
dioperasi. Sekedar informasi, produk bayi yang memproduksi ini hanya chico,
tidak ada merek yang lain. Dan chico sendiri, mengimpor dari Italy, itu
sebabnya agak jarang ditemui di pasaran.

3. Mengenai nafas, flu dan serin bersin, menurut DSA saya itu dikarenakan
tingkat alergi bayi yang masih tinggi (di dalam perut cukup steril), bayi
sedang menyesuaikan diri. Itu tidak berbahaya, tetapi harus dijauhkan dari
hal-hal yang membuat bayi makin alergi seperti, debu, bedak (sebaiknya
ditaburkan ke tangan baru diusapkan, jangan langusung dituangkan, karena
serbuk-serbuknya membuat bayi alergi, juga dijauhkan dari kipas angin,
sebaiknya menggunakan AC atua Ex house).

Memang menghawatirkan melihat anak berlidah putih, mempunyai pusar yang
menonjol (apalagi anak saya anak perempuan), tatapi alhamdulillah sekarang anak
saya sudah berusia 5 bulan dan sudah sehat, normal seperti anak-anak lainnya.
Demikian saran saya Pak Candra, selamat mencoba, semoga berhasil.

Rgds,
fara