Pak Wachid,
Saya pernah punya pengalaman serupa, dan oleh dokter diberi salep Kenalog
in orabase (bisa dibeli bebas di apotek).  Setiap habis menyusui, puting
dibersihkan dengan air hangat dan selanjutnya dioleskan salep.  Kalo mau
menyusui, dibersihkan lagi dengan air hangat.  Sampai sekarang kalau puting
saya luka, saya masih memakai salep tersebut.
Semoga bermanfaat.
At 09:33 11/9/1999 +0700, you wrote:
>Netters yang terhormat,
>
>Kami adalah pasangan muda, saat ini punya baby usia 2,5 bulan (laki-laki).
>Selama ini kami senantiasa memberi baby kami minuman ASI. Tetapi kurang
lebih 2 minggu yang lalu, puting payudara istri saya sering luka. Bahkan
saat ini
>luka kedua-duanya dan luka tersebut cukup dalam sehingga kesulitan dalam
memberikan ASI buat baby kami.
>Ada yang mengatakan bahwa baby kami lidahnya agak tajam. Memang lidah baby
kami permukaannya agak kasar dan ada warna putih bekas susu, namun
senantiasa sudah kami bersihkan. Mungkin Netters punya pengalaman tentang