Saya ingin berbagi pengalaman mengenai putri saya (sekarang berusia 5 bulan)
yang juga ketika usia 2-4,5 bulan BABnya kurang lancar. Dari mulai 3 hari
sekali sampai bahkan pernah puncaknya sampai seminggu. Saya dan suami sudah
tentu sangat panik dibuatnya. Awalnya, atas anjuran orangtua, memang kami
"pancing" dengan sabun dan berhasil. Tapi setelah 2 minggu, ia tampaknya
sudah kebal dan malah menjadi marah-marah karena dipancing dengan sabun.

Sewaktu konsultasi dengan DSA (kami bahkan konsultasi dengan 3 DSA yang
berbeda), mereka mengatakan bahwa bayi yang hanya mengkonsumsi ASI memiliki
kecenderungan BAB tidak teratur. Menurut mereka, yang penting kami
perhatikan adalah kenyamanan si kecil, jadi jangan sampai upaya yang timbul
karena kepanikan kami menjadikan dia merasa tidak nyaman. Ketika diperiksa
oleh DSA, perut anak kami dikatakan normal, tidak keras dan aktifitas dia
juga biasa, tidak menjadi lebih rewel. Kami juga diingatkan bahwa pencernaan
si kecil sedang "mempelajari" banyak hal baru. Ada kemungkinan ASI yang
masuk seluruhnya terserap olehnya, sehingga ampasnya baru dikeluarkan
setelah terkumpul.

Oleh salah satu DSA itu kami dianjurkan untuk memijat (lembut) si kecil tiap
hari, dan oleh DSA yang lain diminta untuk menghentikan dulu vitaminnya
(waktu itu diberi Abdec).

Alhamdulillah, setelah kami berdua menjadi lebih tenang, BAB si kecilpun
menjadi lebih teratur. Biarpun belum setiap hari, tetapi kalau kami lihat ia
tidak rewel, aktifitasnya normal dan perutnya tidak keras, maka kami
berusaha untuk tidak panik.

Setelah putri kami berusia 4,5 bulan, DSA menganjurkan untuk memberi buah
(saring atau dilembutkan, kecuali pisang, karena pisang justru menghambat
proses BAB) dan biskuit susu (farley) dan Alhamdulillah, setelah mulai
mengkonsumsi makanan tambahan tersebut, BAB putri kami lancar, setiap hari
sekali.

Mudah-mudahan apa yang saya bagi ini bermanfaat.

Salam,
Hanni Soekrisno - Armansyah