Menurut orang tua kebanyakan memang demikian, tapi
tidak selalu benar karena kepandaian berbicara dan
berjalan tergantung dari kesiapan alat bicara dan
otot-otot kaki. Namun ada penelitian yang menunjukkan
cepat-lambatnya anak berbicara dan berjalan ada
hubungannya dengan bagaimana orang tua nya dahulu,
jadi jika orang tuanya cepat berbicara/berjalan maka
ada kemungkinan anaknya akan demikian.
Manfaat embun pagi saya tidak tahu pasti namun melatih
anak dengan kaki terbuka di rumput/batu-batu kecil
yang tidak tajam sangat baik untuk merangsang
perkembangan ujung-ujung syaraf di kakinya dan melatih
keseimbangan.
Rasanya kita tidak dapat mempercepat kepandaian anak
untuk berjalan karena tergantung dari kesiapan otot
geraknya, yang bisa kita latih dan tumbuhkan adalah
keberanian anak untuk mencoba berjalan. Kalau anak
masih menolak berjalan dengan dipegang satu tangan
jangan terlalu dipaksa, tetap pegang dengan dua
tangan, namun kalau dia sedikit lengah maka
pelan-pelan satu pegangan dilepaskan,kalau masih gagal
coba berulang-ulang dengan jarak waktu yang tidak
terlalu cepat (agar anak lupa). Bisa juga dengan cara
di ujung jalan diberikan sesuatu yang menarik
perhatian (mainan atau makanan atau ibunya), ajak anak
(dipegang dua tangan) ke arah nya, jika anak sudah
tertarik dan konsentrasi untuk mendapatkan barang
tersebut, lepaskan satu tangan sambil berkata-kata
tentang benda yang akan diambil sehingga konsentrasi
anak tidak beralih pada tangan yang sudah dilepas.
Demikian dari saya semoga membantu.

Mamanya Dafi