Bu Klara,
Biasanya kapas sudah disterilkan sebelum di bungkus,
tapi untuk mempermudah, kalau kita beli yang banyak
(1/2 atau 1 kg) sebaiknya ambil sebagian dengan cara
di suwir-suwir kira-kira cukup untuk beberapa hari dan
masukkan dalam stoples atau tupper ware dalam keadaan
kering sedang sisanya dibungkus dengan rapat.
Sebelum nya cuci tangan dulu.
Kalau untuk membersihkan BAB cukup basahi kapas dengan
air biasa saja. setelah itu bisa diberi bedak (sedikit
saja bagian pantat) harus lebih teliti kalau bayi ibu
perempuan. Usahakan membersihkan BAB dengan arah dari
depan ke belakang jangan terbalik karena kotorannya
bisa masuk dalam lubang vagina dan sebaiknya tidak
diberi bedak, cukup dikeringkan dan berikan baby
lotion agar kulitnya tidak iritasi.
Untuk membersihkan puting jangan gunakan sabun supaya
tidak kering dan iritasi, gunakan baby oil atau minyak
bersih, setelah dibersihkan keluarkan sedikit ASI dan
olesi puting dan sekitarnya karena ASI juga bersifat
antiseptik.
Beberapa guna kapas :
1. Membersihkan saat BAK dan BAB
2. Untuk membersihkan gusi (meskipun belum ada gigi,
harus mulai dibersihkan)pakai air matang
3. Dalam bentuk cotton buds untuk membersihkan hidung
dan telinga (bagian luarnya saja) dan puting susu.
4. Membersihkan mata, pakai air matang.
5. Kalau tidak ada baby wipes untuk tangan, bia
dipakai untuk membersihkan telapak dan jari tangan,
terutama kalau bayi ibu suka menghisap jari (pakai air
matang).

Demikian sedikit pengalamn saya dan semoga bayi ibu
lahir dengan sehat dan mudah.

Mamanya Dafi

=====