Hal yang sama juga terjadi pada anak saya (2 tahun), sewaktu masih bayi untuk memotong
kukunya tidak ada masalah karena ia belum mengerti. Ketika anak saya mulai semakin
aktif dan tidak bisa diam kalau dipotong kukunya sehingga saya pernah memotong kukunya
mungkin agak terlalu dalam. Hal ini mungkin menyebabkan sakit dan trauma pada anak saya
sehingga selalu menghindar dan lari kalau mau dipotong kukunya. Padahal sudah pakai
gunting kuku yang khusus bayi (saya pakai merk evenflo, bentuknya seperti gunting kuku
orang dewasa, hanya ukurannya kecil, bukan berbentuk seperti gunting rambut). Akhirnya
saya hanya berhasil memotong kukunya kalau dia sudah tidur. Mungkin anda juga bisa
menunggunya tidur nyenyak dahulu untuk bisa memotong kukunya.