Saya pribadi bila memotong kuku sikecil biasanya kalau dia lagi
tidur siang, kendalanya kalau kita kerja sempatnyakan hanya hari
Sabtu/Minggu, sementara kuku si kecil cepat sekali panjangnya,
nah..........kalau demikian saya potong saat dia tidur malam ataupun
dengan cara memotong saat dia bangun (pagi-pagi), caranya saya ceritain
sama si kecil gimana memotong kuku terus saya contohin, minta dia
melihat kita sedang memotong kuku, jadi sebelum kukunya dipotong kita
memotong kuku sendiri dulu, nanti setelah dia tertarik baru
dech........kita bilangin, sekarang kita potong kuku Naufal (nama anak
saya) ya.........biasanya dia mau dan melihat gimana saya memotong
kukunya.  Kalau dia berontak, sementara kita belum selesai, kita
contohin lagi atau biarkan dia bermain sebentar, jadi memang harus lebih
sabar............nggak bisa 5 menit selesai.  kalau anaknya minta
gunting kuku, kita bilangin nanti kalau kamu yang pegang tangannya bisa
luka, dan sakit............(ngomongnya sambil dicontohin, gimana rasanya
kalau luka...).  Demikian pengalaman saya ..........semoga bisa
membantu.