Bu Eny, kalau bayi ibu sudah menunjukkan keinginan
berjalan maka sudah boleh ditatah di lantai yang
bersih. Di rumput sebenarnya boleh saja asal
dipastikan tidak ada benda berbahaya yang bisa melukai
kaki anak atau untuk menghindarinya harus memakai
sepatu.
Kalau dalam rumah sebaiknya tidak pakai sepatu.
Prinsipnya sepatu dipakai untuk melindungi kaki dari
bahaya, jadi dipakai hanya kalau berjalan di luar
rumah. Keuntungan belajar berjalan dengan telanjang
kaki adalah melatih syaraf di telapak kaki anak,
belajar keseimbangan dan membentuk lengkung telapak
kaki
Sepatu yang baik adalah
1.Telapaknya cukup keras tapi lentur sehingga anak
terhindar dari tertusuk benda berbahaya. Jangan beli
sepatu yang bagian bawahnya terbuat dari kain atau
plastik yang tipis.
2. Bagian dalamnya lembut sehingga kaki anak tidak
lecet
3. Untuk belajar berjalan usahakan model sepatu yang
menutupi kaki untuk menghindari jari kaki terluka saat
jatuh
4. Bahan sepatu harus bisa membuat kaki anak bernapas
5. Pilih sepatu yang tidak terlalu longgar atau sempit
karena akan menganggu perkembangan kaki anak. Caranya
kalau sepatu saat dipakai, pada bagian ibu jarinya
masih memiliki ruang kosong kira-kira 1/2 panjang ibu
jari maka sepatu itu cukup untuk anak anda.
6. Kalau anak sudah mahir berjalan dengan sepatu maka
boleh dibelikan sepatu dengan model terbuka untuk
sirkulasi udara.
Demikian dari saya.

Mamanya Dafi

=====