Pak, saya mendapatkan tulisan tanya jawab ttg asam urat dari
www.idi.or.id/klinik, yg dijawab oleh dr Nia K..... semoga berguna

Penanya: Sakkananda

Jenis biji-bijian/sayuran apa sajakah yang menyebabkan asam urat dalam tubuh
menjadi tinggi. Lalu, seperti apakah indikasi yang dialami oleh si
penderita. Apakah yang harus dilakukan oleh si penderita selain menghindari
jenis-jenis makanan penyebab asam urat tsb. Terima kasih.

Jawaban:

Asam urat berasal dari metabolisme sel yang tua/rusak. Selain itu berasal
pula dari luar yaitu dari makan yang mengandung purine. Metabolisme purine
menghasilkan asam urat. Pada suatu saat asam urat tidak bisa/ sedikit
dikeluarkan oleh ginjal dan akan ditumpuk di jaringan tubuh kita misalnya
tulang, kulit, sendi dan ginjal. Penyakit akibat tingginya asam urat ini
disebut gout. Seringkali menimbulkan nyeri sendi dan tulang seperti
rematik/encok. Anjuran umum pengobatan gout,
1. minum obat (penurun kadar asam urat) sesuai anjuran dokter
2. Makan diet rendah lemak, kurangi minum bir, jerohan, roti manis,
kerang-kerangan dan ekstrak daging.
3. Jaga berat badan idela
4. Minum banyak air, paling tidak 4 gelas atau 2 liter air putih sehari.
5. Periksa dokter teratur.

Sayuran yang mengandung purine antera lain:
- (kadar purine tinggi) tidak lebih  dari 1-2 kali seminggu: asparagus
- (kadar purine sedang) dapat dimakan 4 kali/ minggu: bunga kol, gandum,
kacang polong, bayam,  biji-bijian/padi-padian, kecuali nasi dan jagung.
- (kadar purin sangat sedikit) boleh dimakan tidak terbatas: bit merah,
brokoli, tauge, kubis, wortel, jagung, timun, ubi, kacang kupas, tomat dan
lobak.

Dr. Nia K

Salam,
Nurul