Barangkali para netters mempunyai informasi mengenai efek dari penghentian
antibiotik sebelum habis, saya mohon bantuannya.

Bundanya Hilly,
saya bukannya dokter, tapi informasi ini saya dapatkan dari dokter dan apoteker :
yaitu bahwa antibiotik diberikan dengan dosis tertentu yang tidak boleh dilanggar.
Apabila antibiotik tidak kita minum dengan dosis yang benar (misalnya tidak kita
habiskan), maka virus dalam tubuh yang sebenarnya belum mati (baru 'pingsan atau koma'
saja mungkin) akan membuat sistem pertahanan untuk melawan antibiotik tersebut, jadi
kalau lain kali kita sakit dan minum antibiotik itu lagi, si virus sudah punya
perlawanan sehingga si antibiotik engga mempan lagi. So, kita harus minum antibiotik
yang lebih kuat/manjur, padahal kita tahu, semakin kuat obat, berarti sebenarnya
semakin 'beracun' juga obat itu. Tidak baik,kan ?! Jadi, kalo diberi antibiotik, HARUS
dihabiskan, walaupun rasanya sudah sembuh (kita tidak bisa melihat ke dalam tubuh kita
apakah virusnya sudah mati apa baru pingsan saja). Satu hal lagi yang harus
diperhatikan adalah waktu meminumnya, kalau ditulis 3 x sehari, berarti 24 jam dibagi
3 sama dengan tiap 8 jam, kalo 4 kali sehari berarti tiap 6 jam. Yah..engg!
a usah persis banget, tapi juga jangan terlalu meleset, jadi bukan kita makan setiap
habis makan pagi-siang-dan malam saja, tapi perhatikan waktunya. Ini berkaitan dengan
efektifitas si obat dalam membunuh virus. Semoga info ini bermanfaat, salam !

Mama Jonathan

Get your PERSONALIZED START PAGE at http://my.lycos.com