Dear Ibu Stella dan Bunda Hilly,

Antibiotik sebenarnya obat untuk membunuh bakteri yang menyebabkan
penyakit atau yang menunggangi penyakit.
Mengenai diare anak ibu bisa disebabkan beberapa hal: yakni , virus,
bakteri, dan salah makan.  Jika penyebabnya virus, sebenarnya obatnya
tidak ada, hanya antibody yang dapat membunuh atau menghambat
pertumbuhan virus tersebut, dan biasanya dokter memberikan antibiotik
juga, karena dikawatirkan penyakit tersebut ditungganggi oleh bakteri.
Tanda-tanda jika anak diserang bakteri adalah meningkatnya suhu tubuh
dan BAB-nya berlendir.  Jika masalahnya karena ketidak cocokan dengan
makanan, jangan kuatir , ganti makanan yang cocok, niscahya penyakit
akan segera pulih (berikan saja air teh, untuk mengurangi mencretnya).

Tentang penggunaannya sebaiknya antibiotik dihabiskan atau minimal 3
hari minum obat tersebut, karena jika antibiotik ini disetop lebih awal
, dikawatirkan bakteri -nya akan kambuh lagi dan menjadi lebih resisten
thp antibiotik tersebut dan efeknya si anak perlu dosisi atau jenis
antibiotik yang dosisnya lebih tinggi, dan ini kurang baik untuk
pertumbuhan tulang, dsb pada si bayi.  Oleh karena itu cermati apakah
diare sibayi karena bakteri atau salah makan (tidak cocok dng makanan),
jika karena bakteri sebaiknya dihabiskan, jika karena salah makan
sebaiknya distop saja.
Demikian sedikit informasi, semoga bisa dimanfaatkan.
Dan salam buat jonatahan putra ibu stella.

salam,

Dinar