Pak Satria,

Setahu saya Amox(?s)an adl antibiotik; entah benar atau tidak tapi
antibiotik diberikan jika dokter menginginkan organisme asing yg ada dlm
tubuh dimatikan. Saya khawatir ini berdampak dg janin Anda.

Pengalaman saya (tapi saya tidak ingin bapak panik),Pada bulan Desember
1998, saya sakit demam, pusing dan flu berat yg gejalanya mirip sakit bapak
(sakit punggung, meriang dan bawaannya sempoyongan). Hal ini mungkin krn
kami baru pindahan, shg saya kelelahan dan rumah barunya terbuka shg banyak
angin.

Saya diberikan antibiotik (lupa merknya) oleh dokter; tidak sampai 5 hari
(selama antibiotik tsb diminum) ternyata saya mengalami pendarahan hebat
dan divonis keguguran (saya sendiri tidak mengetahui bhw saya sudah hamil
kembali, krn saya masih memberikan ASI dan bayi saya masih berusia 5
bulan). Dokter sendiri tdk mengungkapkan kenapa terjadi keguguran, tapi
menurut saya ada 2 kemungkinan, selain kelelahan, juga krn antibiotik tsb.
Logika saya, antibiotik 'membunuh' janin saya yg masih belum kuat (krn usia
masih 6 minggu) yg dianggap sbg organisme asing di dalam tubuh saya shg
harus dikeluarkan. Maaf jika keterangan saya tidak ilmiah atau bisa
dipertanggungjawabkan keabsahannya, tapi saya harap hal ini terjadi pd
orang lain. Semoga, dokter memutuskan memberi antibiotik tsb krn sudah
mengetahui bhw janin sudah cukup besar (7 bulan khan?) dan tidak melihat
adanya efek samping. Saran saya, Bapak jangan panik krn cerita saya, tapi
di cek kembali ke dokter bersangkutan, atau perlu cari second opinion ke
dokter lain. Salam,

Zullia Saida
OFfice of Transition Initiative (OTI)
United States Agency for International Development (USAID)
American Embassy
Jl. Merdeka Selatan 3-5,Jakarta 10110
Phone : (62-21) 344 2211 ext. 2356
Fax   : (62-21) 3483 0916
e-mail: [EMAIL PROTECTED]

-------------
Original Text
From: "Satria Utama" <[EMAIL PROTECTED]>, on 11/15/99 8:37 PM:
To: internet[<[EMAIL PROTECTED]>]

Saya ingin tanya juga...
Istri saya sedang mengandung, 7 bulan.  Suatu saat ia merasakan sakit pada
tulang pinggulnya dengan disertai rasa meriang.  Ketika hal ini dilaporkan
ke dokter
kandungan kami, dokter tersebut mengatakan bahwa istri saya mengalami
radang
tenggorokan.  Kemudian dokter memberikan Amoxan 250 mg dan Decolsin tablet.
 Apakah menurut rekan2 netters hal itu dapat membahayakan ? Untuk berapa
lama antibiotik dapat menimbulkan efek negatif ? Apakah kira2 bentuk efek
negatif-nya ? Terus terang, saya sebenarnya merasa ragu dengan obat2
tersebut, walaupun saya berusaha meyakinkan diri bahwa dokter tersebut
adalah dokter terkenal yang sudah berpengalaman.

EMERGENCY ONLY! Jika kesulitan unsubscribe, email: