-------- delet ------->

> Sejak dua minggu yang lalu istri saya mulai bekerja kembali, sehingga siang
> bayi saya harus menyusui dari botol. Namun sudah tiga hari terakhir ini bayi
> saya menjadi sulit untuk menyusui, baik menyusui langsung dari ibunya atau
> melalui botol, dia selalu nangis. Karena sejak dua minggu ini, dia selalu
> berganti-ganti cara menyusuinya, yaitu melalui botol atau menyusui langsung
> dari ibunya.
> mengatasinya supaya acara menyusuinya menjadi lancar kembali.

Menurut pengalaman istri saya, hal ini biasanya karna asinya ndak
enak(mungkin) karna ibunya lelah,cape,kehujanan, atau sakit sehingga
menyebabkan asi encer/bening (maaf sekali lagi ini hanya berdasar
pengalaman saja). Cobalah dengan menggendong dede nya penuh kehangatan
baru kemudian menetekinnya atau dengan memberinya susu botol (tapi selama
ibunya/asinya masih ada tetekin saja dengan asi). Saya saja sebagai bapak
bisa mengatasi masalah ini juga. Cara nya sama saja saya gendong sambil
dialihkan perhatiannya untuk lihat cicak, mobil, burung atau apalah baru
di kasih susu botol.Cobalah pasti dan yakinkan bisa.

> Kedua, saya memperoleh informasi bahwa menyusui sambil tiduran itu tidak
> baik, karena ada sisa2 susunya yang dapat masuk ke rongga hidung / kuping,
> sehingga bisa menyebabkan radang hidung atau telinga pada si bayi. Apakah
> informasi ini benar ?
Infonya mungkin sedikit betul, hanya kalau sampai bisa menyebabkan radang
telinga segala saya kurang tahu.
Yang saya tahu, bahwa menyusui sambil tidur ssih boleh saja dengan posisi
ibunya sedikit lebih tinggi kalau bisa kepala ibunya ditopang dengan
tangan, atau dengan mengganjal kepala dengan 2 bantal sehingga bisa
melihat dedenya menyusu (apakah hidungnya ketutup payudara ibunya apa
tidak) hal ini biasanya dan bahayanya kalau ibunya tertidur bisa
menyebabkan anak tersedak tanpa ketahuan ibunya karna terlalu deras
keluarnya asi akibat tidak ditekan dengan kedua jari telunjuk dan jari
tengah.so asi kan bisa masuk idung. Kalau ndak salah cara dan posisi
menyusui yang baik sudah ada yang mempostingkan di sini.