Bapak yang sayang anak,

Untuk pertanyaan nomor satu saya tidak bisa jawab karena kebetulan saya tidak punya
pengalaman menyusui anak dengan ASI. Tapi, ini hanya dugaan saya saja, bayi Bapak
lebih suka rasa ASI daripada susu formula, namun karena sudah agak terbiasa minum dari
botol, waktu diminumi ASI langsung dari ibunya, dia agak kesulitan. Minum langsung
dari ibunya kan memerlukan usaha lebih besar daripada minum dari botol. Coba saja
ASI-nya dipompa lalu dimasukkan ke botol dan diberikan pada bayinya. Siapa tahu
bayinya jadi tenang. Ini hanya dugaan saja lho Pak.

Untuk pertanyaan kedua, memang benar menyusui bayi sambil tiduran tidak baik, sebab
kita tahu dalam rongga mulut kita ada saluran yang menghubungi rongga mulut dengan
telinga dan hidung. Kalau sampai susu masuk ke saluran telinga maka bisa mengakibatkan
infeksi serius di saluran ini. Oleh karena itu, menyusui sambil tiduran sangat tidak
direkomendasi.
Semoga bermanfaat, salam !

Mama Jonathan