Dear netters,

Sepele memang lontaran dari seorang anggota milis ini mengenai kekhawatirannya
terhadap akibat pengaruh iklan pepsoden, namun saya melihat bahwa yang lebih inti
disana adalah kekhawatirannya terhadap pengaruh TV.

Memang tidaklah berlebihan kalau kini kita patut khawatir terhadap akibat pengaruh TV
bagi anak kita. Namun hal ini sebenarnya adalah konsekwensi logis dari makin
mengglobalnya dunia ini. Dan pengaruh itu (positip ataupun negatif) tak hanya akan
diperoleh dari TV saja, lingkungan keseharian tentupun tak jauh berbeda. Jelas pula
tidak mungkin kita mencoba mengisolasi anak dari inforamasi-informasi / perilaku
negatif yang terus membanjir.

Karenanya hadapi saja itu semua, biarkan anak mendapatinya juga, hanya kemudian adalah
menjadi sangat penting untuk menanamkan sifat/sikap KRITIS pada anak. Kekritisan untuk
membedakan mana nilai baik mana nilai buruk, mana yang patut ditiru mana yang tidak.
Sulit memang.... karena ini tentu juga harus dibarengi konsestensi dan
kesiapan kita orang tua untuk selalu siap menjelaskan/menjawab dengan baik dan benar
berondongan pertanyaan anak tercinta.

Barangkali memang tidak semua yang kita jelaskan kemudian bisa dimengerti anak saat
itu juga, namun saya percaya itu akan tertanam di ingatannya yang pada saatnya akan
menjadi referensi nilai ketika ia harus bersikap kritis kepada sesuatu hal.

Ok. ijinkan saya juga meminta masukkan dari rekan netters mengenai :
Bagaimana menanamkan sikap kritis pada anak ????

bye
ayahnya M. Rasyid Vadrian