Pak Rames,
Dulu saya juga mengalami hal ini, sekitar usia
kandungan 5 bulan, jadi saya bisa merasakan bagaimana
tersiksanya saat batuk datang, sampai sering saya
batuk dengan memegang perut agar tidak terlalu
terguncang dan saya usahakan sekitar jam 8 sudah tidur
sehingga saat batuk datang, di atas jam 12 saya sudah
sempat istirahat.Waktu itu dokter menyarankan obat
batuk yang aman, misalnya OBH atau ramuan tradisional
, kecap dan jeruk nipis atau madu dan jeruk nipis.
Kalau saya pikir mungkin faktor kehamilan memang
penyebabnya, sehigga saat kondisi tubuh menurun
terjadi batuk, dan sepertinya ini termausk batuk
alergi. Kalau dulu saya usahakan memakai syal dan
hidung ditutupi dengan masker (bisa beli di apotik)
atau sapu tangan yang besar agar udara yang dihirup
tidak terlalu dingin, waktu itu cukup berhasil, nanum
memang agak lama sembuhnya, sekitar 1 bulan. Saya rasa
tidak ada pengaruhnya terhadap kehamilan selama obat
yang diminum tidak berbahaya, karena bayi dilindungi
amnion yang melindungi dia dari guncangan luar.
Jadi bersabar saja, minum obat yang benar-benar aman
bagi bayi, dan usahakan kamar bebas debu dan tidak
terlalu dingin. Semoga istri bapak cepat sembuh.

Mamanya Dafi