Mbak Yuni,
Kalau memang anak alergi terhadap sesuatu jangan
dipaksakan dengan memberikan bahan alergen tersebut,
terutama kalau usianya masih muda (di bawah 2 tahun).
Alergi yang berkepanjangan tidak baik bagi
perkembangan tubuh dan kecerdasannya, karena tubuh
selalu dalam keadaan 'bertempur' melawan zat yang
menyebabkan alergi.
Perlu ibu tahu, bahwa jika sala seorang orang tua
menderita alergi, maka 40% anak mereka akan menuruni
bakat tersebut, tapi jika keduanya alergi maka 80%
anak akan menderita alergi pula. Untuk itu yang paling
baik adalah mengetahui penyebab alergi anak, dan
menghindari bahan alergen tersebut.
Jika anak ibu sudah di atas 2 tahun sudah bisa
diberikan tes alergi, untuk mengetahui terhadap bahan
apa saja dia tidak tahan, namun jika umurnya di bawah
itu biasanya dokter tidak mengijinkan.
Beberapa alergi biasanya hilang di atas 1 tahun,
seperti anak saya, sebelum 1 tahun alergi telur, tapi
sekarang tidak lagi. Tapi kalau di atas 1 tahun masih
alergi, berarti kadarnya cukup berat.
Jadi saran saya, hindari dulu bahan yang disangka
menyebabkan alergi, toh masih banyak sumber protein
lain yang bisa menggantikan ikan laut, kalau perlu
dengan suplemen minyak ikan.
Nanti saat umurnya bertambah sedikit-sedikit
dikenalkan lagi dengan ikan laut sehingga lama-lama
tubuhnya dapat menerima makanan tersebut.

Mamanya Dafi