Bener, Pak...
Terserah deh saya mau dibilangin kampungan atau apa...
Tapi, terus terang, saya itu koq sungkan banget pakai obat-obat KB.
Semenjak anak pertama saya lahir, setelah nifas persis 40 hari, saya
langsung mendapat haid seperti biasa bulan berikutnya. Kata orang-orang tua,
ini tandanya saya cukup subur dan tante saya yang seorang dokter menyarankan
saya untuk segera ber-KB, apalagi saya melahirkan melalui bedah Caesar.

Tapi, saya banyak sekali mendengar pengalaman-pengalaman yang tidak
mengenakkan dari teman-teman saya tentang efek negatif dari alat-alat KB
yang mereka gunakan. Hampir secara keseluruhan setiap alat KB ada dampak
negatifnya, yang kurus/gemuklah, haid tidak teratur, berjerawat, kulit
menjadi hitam, muka berflek, dllsb, dan belum tentu berhasil lagi... Hal ini
menimbulkan semacam trauma bagi saya untuk berKB, dan berhubung saya dan
suami waktu itu berlainan kota, saya belum memutuskan apa-apa.
Setelah saya dan suami kumpul kembali (anak saya umur 6 bulan), saya
kecolongan, telat seminggu, waduh...bingungnya, mana anak masih kecil lagi..
Lalu saya ke DSOG dan di beri Primolut, hingga akhirnya saya haid kembali.
Semenjak kejadian itu, saya dan suami membuat komitmen, berhubung saya takut
berKB, akhirnya suami yang mengalah untuk melakukan koitus alias putus
tengah. Tapi, dalam hal ini dituntut 'pengorbanan' suami untuk tetap
konsentrasi....Saya pikir, kalau suami benar-benar sayang pada istri, saya
yakin koitus bukanlah hal yang berat. (dalam hal ini mengingat keterbatasan
saya yang takut berKB). Selain itu, setelah beberapa lama menjalaninya,
suami saya juga tidak pernah mengeluh tuh....

Hasilnya, boleh dilihat... saya - Insya Allah - tidak pernah mengalami
problem seperti teman-teman saya di atas..., bentuk tubuh, kulit, siklus
haid, semuanya normal, seperti saya waktu masih gadis saja. Hingga 3 bulan
lalu (anak saya umur 2 tahun), saya memutuskan untuk hamil kembali juga
tidak mengalami masalah. 4 hari berturut-turut berhubungan di saat masa
subur, ternyata rumus tokcer..., saya langsung hamil (sekarang 13 minggu).

Ini sih..., sekedar sharing pengalaman buat para netters. Keputusan yang
saya ambil ini, memang saya sadari benar resikonya. Tapi, kalau kita
mempunyai komitmen dan tekad yang kuat, ternyata usaha kita tidak sia-sia...

Wassalam - Mama Mia