Mamanya Dhira,

Mungkin saya dapat  memberi sedikit input karena walaupun anak saya baru satu
tetapi saya sudah pengalaman melihat kakak-kakak saya dalam menangani
anak-anaknya.
Hal yang utama menurut saya yang akan mempengaruhi hubungan antara ibu dan anak.
1. Sebaiknya bayi anda tidur dengan anda (jangan dengan babysitter), jikapun
ingin dipisahkan kamarnya dari anda paling tidak dia tidur sendiri.
2. Walaupun anda dan suami bekerja, usahakan setelah pulang dari kantor dan
hari-hari libur, anda yang mengasuh bayi anda (semaksimal mungkin), misal
seperti memandikan, memberi makan, memberi susu botol dan bermain.
3. Jika kita memberi tahu sesuatu ke babysitter supaya dia disiplin dalam
beberapa hal menyangkut pengasuhan anak misal; harus mencuci tangan sebelum
pegang dede. Kita juga harus menunjukkan hal tersebut. Karena umumnya babysitter
itu akan mengikuti apa yang kita lakukan.

Hanya itu yang saya ingat, mungkin rekan netter lainnya ada input lainnya.

Salam

Mamanya Hana

Rita Handayani <[EMAIL PROTECTED]> on 02/24/2000 08:46:21 AM

Please respond to [EMAIL PROTECTED]