Selamat ya Pak...atas kelahiran putranya.

Kuning pada kulit bayi tidak sama dengan penyakit kuning pada orang dewasa. Penyakit
kuning pada orang dewasa disebabkan oleh virus yang merusak sistem kerja hati.
Sedangkan pada bayi, hatinya belum bisa bekerja dengan sempurna untuk memecah ...waduh
mendadak lupa nih istilahnya. Yah pokoknya belum bisa memecah sesuatu di dalam darah,
sehingga menimbulkan warna kuning. Untuk membantu memecahnya, dibutuhkan bantuan sinar
ultraviolet yang bisa didapat dari sinar matahari. Tapi, kalau kadarnya terlalu besar
(biasanya lebih dari 9,0) harus dirawat di rumah sakit. Kata dokter, kalau sampai
orang awam bisa melihat warna kuning di kulit si anak, itu artinya kadarnya sudah
besar. Saya bukan nakut-nakutin loh, tapi kalau kadarnya lebih besar dari 15,0 itu
bahaya sekali, karena bisa 'memakan' sel otak dan menimbulkan kerusakan permanen.
Jadi, kalau bayi bapak dideteksi kuning dan dianjurkan periksa ke dokter, jangan
sampai terlalaikan ya, Pak.

Untuk bayi merah, supaya engga lecet, saya biasanya pakai minyak kelapa buatan
sendiri. Minyak kelapa kan alami, jadi biasanya tidak menimbulkan reaksi alergi. Kalau
repot, ya pakai baby oil saja, kalau dikasih bedak agak repot, sebab kalau keringetan
malah bedaknya jadi menggumpal dan bisa bikin lecet.

Segitu aja deh sharingnya, salam buat keluarga,

mama jonathan

--

On Wed, 23 Feb 2000 07:06:52   19K LAN Administrator wrote:
>Dear Netters,
>

>       Bayi pertama saya baru saja lahir pada tgl. 16 Februari 2000 melalui
>bedah Caesar. Sebagai seorang ayah yang baru saja diberikan seorang anak
>oleh Tuhan, saya sangat awam sekali. Ada banyak pertanyaan yang ingin saya
>ajukan antara lain :
>1. Apakah kulit bayi yang berwarna kuning sama dengan penyakit kuning pada
>orang dewasa ? Apakah
>    penanganannya cukup dengan menjemur si Bayi pada matahari pagi ?
>2. Mana yang lebih baik untuk menghindari lecet pada pangkal paha Bayi,
>Bedak bayi atau Baby Oil atau
> [...]

MailCity. Secure Email Anywhere, Anytime!
http://www.mailcity.com