-----Original Message-----
From: Syah, Tengku Abdilah <[EMAIL PROTECTED]>
To: [EMAIL PROTECTED] <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Wednesday, March 09, 1988 10:12 AM
Subject: RE: [balita-anda] Sunat pada bayi perempuan

> Saya kurang paham juga mengenai hal ini.
> Setahu saya kalau untuk laki-laki, dari segi medis sunat itu gunanya
>untuk kesehatan/kebersihan.
> Apakah mungkin juga untuk perempuan ?
> Apakah ada hubungan kepuasan seksual dengan sunat bagi perempuan ?
>
> Tolong informasinya bagi siapa yang mengetahuinya.

-------

Yang saya tahu dalam sunat perempuan, dulu banyak dilakukan oleh
suku2 primitif di Afrika.  Itu karena adat dan ketidakmengertian mereka.

Pada sunat perempuan, yang dipotong adalah clitorisnya, sehingga
wanita yang sudah disunat tidak bisa orgasme. Sekarang hal ini sudah
banyak ditinggalkan.

Di Jawa kadang2 masih ada sunat perempuan, tapi hanya ada kenduri.
Bukan clitorisnya dipotong. Mudah2an keterangan sederhana ini membantu.

Salam :

hara.