From: Septia Yusanthi
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [balita-anda] Epidural
Date: Wednesday, March 22, 2000 4:04PM

Dear netters,
Saya ingin sharing tentang pengalaman melahirkan.
Waktu itu saya berniat melahirkan secara normal, ternyata setelah lewat
10 hari dari perhitungan saya musti dipancing dengan cara infus. Dan
untuk mengurangi rasa sakit yang "luar biasa" itu saya diberi suntikan
melalui tulang belakang. Memang saya masih merasakan kontraksinya tetapi
pada saat pembukaan sudah penuh, ternyata si bayi belum mau juga keluar.
Akhirnya, saya melahirkan dengan selamat melalui bedah caesar. Yang
mengganggu pikiran saya sampai sekarang, apakah memang prosedurnya tepat
dengan memberikan suntikan pengurang rasa sakit tersebut jika ingin
melahirkan secara normal? Karena sebagai orang awam, yang saya tahu jika
seseorang di suntik epidural, itu untuk persiapan operasi. Sekarang
putri kami sudah berusia 2 tahun dan ada rencana untuk memberinya
seorang adik, tapi saya masih trauma jika mengingat hal tersebut.
Adakah rekan-rekan netter yang mempunyai pengalaman seperti saya tetapi
dapat melahirkan dengan normal?
Mohon sharing-nya dan terima kasih sebelumnya...